Sabtu, 16 Mei 2015

Pantaskah Membandingkan Sistem Pendidikan di Indonesia dengan di Jepang?

Rasanya gimana gitu ketika ada teman kuliah dulu mem-posting gambaran sistem pendidikan di Jepang. Postingannya memancing puluhan komen yang kebanyakan isinya terkagum-kagum dan bahkan mencemooh sistem pendidikan di negri sendiri.

Menurut saya, mari kita lihat bagaimana kedua negara ini tidak bisa dibandingkan dalam urusan pendidikan. Jika Jepang pernah dijajah 350 tahun maka bisa dibandingkan, jika pendapatan orang Indonesia sama dengan orang di Jepang maka bisa dibandingkan. Jika Jepang adalah negara penganut sistem presidensil seperti di Indonesia maka bisa dibandingkan. Jika Jepang terdiri atas berbagai suku, ras,dan agama maka bisa dibandingkan. Jika Jepang memiliki luas negara yang sama dengan Indonesia, maka bandingkanlah, jika demografi Jepang serupa dengan Indonesia maka bisa dibandingkan. Masih banyak lagi.....

Faktanya,Jepang memiliki sedikit persoalan dibanding Indonesia karena memiliki penduduk lebih sedikit dengan budaya, ras,suku , agama yang homogen dan lainya yang sudah tersirat di atas.

Jika tidak berkenan dengan sistem pendidikan di Indonesia...home schooling kan anak anda atau jika masih ingin bersekolah di sekolah umum maka bangunlah pendidikan yang baik di rumah anda,bukankah waktu anak di rumah jauh lebih banyak daripada di sekolah? manfaatkanlah itu untuk mendidiknya. Bukan menjadi miris bahkan mencemooh dan tidak melakukan apa-apa. Akhirnya.....bandingkanlah apel dengan apel bukan apel dan durian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar